
Matriks dan Ruang Vektor
Kode Mata Kuliah
MA2021
Jumlah SKS
3
Semester
Jenis Mata Kuliah
Mata Kuliah Terkait
| No | Kode | Mata Kuliah | Relasi |
|---|---|---|---|
| 1 | MA1201 | Matematika IIA | Ekuivalen |
| 2 | MA2021 | Matriks dan Ruang Vektor | Ekuivalen |
| 3 | MA2021 | Matriks dan Ruang Vektor | Ekuivalen |
| 4 | MA2021 | Matriks dan Ruang Vektor | Ekuivalen |
Bahan Kajian
| Bahan Kajian | Kedalaman |
|---|---|
| Vektor dan Matriks | Express |
| Sistem Persamaan Linier | Expert |
| Ruang Vektor, Subruang dan Basis | Expert |
| Transformasi Linier dan Matriks Perubahan Basis | Expert |
| Nilai Eigen, Vektor Eigen dan Diagonalisasi Matriks | Expert |
| Keortogonalan dan Proses Gram-Schmidt | Expert |
| Aproksimasi Kuadrat Terkecil | Expert |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah
| Kode CPMK | Unsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|---|---|
| CPMK 1 | Memperoleh pemahaman yang kokoh tentang konsep dasar dalam aljabar linier, termasuk sistem persamaan linier, matriks, dan ruang vektor, serta mampu mengidentifikasi sifat-sifat dasar dan teknik-teknik yang terkait dengan keduanya yang dapat digunakan untuk memahami model-model matematika yang terkait bidangnya. |
| CPMK 2 | Memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi masalah yang disajikan dalam konsep sistem persamaan linier, matriks, dan ruang vektor di bidang keahliannya masing-masing. |
| CPMK 3 | Memiliki kemampuan untuk mengaplikasikan konsep-konsep aljabar linier dalam menyelesaikan beragam masalah terkait matriks dan ruang vektor, termasuk penguasaan teknik-teknik penyelesaian masalah SPL, perhitungan determinan matriks, dan pemahaman interpretasi geometris objek-objek dalam aljabar linier. |
| CPMK 4 | Memiliki keterampilan dalam menyampaikan ide dan konsep-konsep terkait aljabar linier, baik dalam bentuk tulisan maupun lisan, seiring meningkatkan kemampuan dalam menyajikan pemikiran secara sistematis dan mudah dipahami. |
Metode Pembelajaran
- 1. Pembelajaran berbasis masalah 2. Diskusi interaktif
Modalitas Pembelajaran
- 1. Kelas tatap muka 2. Pembelajaran asinkronous
Metode Penilaian
- 1. Ujian tertulis. 2. Proyek dan/atau tugas terstruktur.
