Background Pattern

Riset Pemasaran

Kode Mata Kuliah

MR2201

Jumlah SKS

4

Semester

4

Jenis Mata Kuliah

C

Mata Kuliah Terkait

NoKodeMata KuliahRelasi
1MR3001Riset PemasaranEkuivalen

Bahan Kajian

Bahan KajianKedalaman
Konsep pemasaran 
Prinsip-prinsip, strategi, dan taktik pemasaran 
Tahapan riset pemasaran 
Pendekatan dan metodologi riset pemasaran 
Riset pemasaran dengan data sekunder 
Riset pemasaran dengan data primer: perancangan alat ukur, metode sampling, dan pengumpulan data 
Perangkat analisis data untuk melakukan analisis pasar 
Etika riset pemasaran 

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah

Kode CPMKUnsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK 1Mahasiswa mampu memahami lingkup dan fungsi pemasaran dan riset pemasaran dalam menunjang fungsi pengembangan produk bagi sebuah perusahaan atau organisasi
CPMK 2Mahasiswa memahami dan mampu merancang tahapan-tahapan perumusan strategi pemasaran berbasis metodologi riset pemasaran
CPMK 3Mahasiswa mampu menganalisis hasil riset pemasaran dan membuat rekomendasi strategi pemasaran dalam konteks pengembangan produk dengan mempertimbangkan implikasinya pada aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial
CPMK 4Mahasiswa memahami etika dalam melaksanakan kegiatan pemasaran dan riset pemasaran
CPMK 5Mahasiswa memahami dan mampu merancang riset pemasaran menggunakan data primer secara kualitatif maupun kuantitatif
CPMK 6Mahasiswa memahami dan mampu menerapkan teknik-teknik pengumpulan dan pengolahan data primer dan sekunder untuk riset pemasaran

Metode Pembelajaran

  • Ceramah dan diskusi; Tugas terstruktur/latihan soal; Problem Based Learning; Studi kasus

Modalitas Pembelajaran

  • Luring; Daring Asinkron

Metode Penilaian

  • Kuis; UTS; UAS; Tugas; Proyek