
Teori dan Metodologi Perancangan
Kode Mata Kuliah
MR2203
Jumlah SKS
3
Semester
4
Jenis Mata Kuliah
C
Mata Kuliah Terkait
| No | Kode | Mata Kuliah | Relasi |
|---|---|---|---|
| 1 | MR2203 | Teori dan Metodologi Perancangan | Ekuivalen |
Bahan Kajian
| Bahan Kajian | Kedalaman |
|---|---|
| System Thinking and Design Thinking | |
| Permasalahan, peran & Lingkup Pengembangan Produk | |
| Manajemen Daur Hidup Produk | |
| Teori Perancangan | |
| Proses Perancangan Rekayasa (Engineering Design Process) | |
| Metodologi QFD (Quality Function Deployment) | |
| Analisis Fungsi dan Perancangan Konsep Produk | |
| Arsitetur produk dan product embodiment | |
| Optimasi Rancangan | |
| TRIZ (Theory of Inventive Problem Solving) | |
| Design for X: Desain Industrial, Design for Assembly (DFA), Design for Environment |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah
| Kode CPMK | Unsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|---|---|
| CPMK 1 | Mahasiswa memahami perancangan dalam disiplin engineering. |
| CPMK 2 | Mahasiswa memahami teori dan metodologi perancangan |
| CPMK 3 | Mahasiswa mampu memilih strategi pengembangan produk yang tepat untuk perancangan |
| CPMK 4 | Mahasiswa mampu menerapkan teori dan metodologi perancangan yang tepat untuk menghasilkan rancangan yang memenuhi kebutuhan pengguna |
Metode Pembelajaran
- Ceramah dan diskusi; Studi Kasus; Problem Based Learning; Flipped Classroom; Tugas terstruktur; Kegiatan mandiri
Modalitas Pembelajaran
- Luring; Daring Asinkron
Metode Penilaian
- UTS; UAS; Kuis; Tugas/Presentasi
