
Tugas Akhir 1 & Seminar
Kode Mata Kuliah
ET4102
Jumlah SKS
2
Semester
Jenis Mata Kuliah
Mata Kuliah Terkait
| No | Kode | Mata Kuliah | Relasi |
|---|---|---|---|
| 1 | ET4090 | Tugas Akhir I & Seminar | Ekuivalen |
Bahan Kajian
| Bahan Kajian | Kedalaman |
|---|---|
| Komunikasi lisan | Expert |
| Komunikasi tertulis | Expert |
| Desain Rekayasa | Expert |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah
| Kode CPMK | Unsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|---|---|
| CPMK 1 | Kemampuan untuk menerapkan hubungan ilmiah dan matematis (prinsip atau hukum) dan masukan yang diperlukan untuk masalah yang diberikan |
| CPMK 2 | Kemampuan menganalisis masalah / mengidentifikasi peluang untuk menghasilkan pernyataan masalah desain |
| CPMK 3 | Kemampuan mengidentifikasi batasan untuk menghasilkan persyaratan desain |
| CPMK 4 | Kemampuan menggunakan alat yang tepat untuk menganalisis data dan memverifikasi data eksperimen |
| CPMK 5 | Kemampuan mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan teknik |
| CPMK 6 | Kemampuan mendemonstrasikan penggunaan piranti teknik modern |
| CPMK 7 | Kemampuan menerapkan penggunaan piranti teknik modern dan mengintegrasikan dalam proyek rekayasa |
| CPMK 8 | Kemampuan mempresentasikan ide secara efektif melalui penulisan teknik |
| CPMK 9 | Kemampuan mempersiapkan dan mempresentasikan teknis presentasi secara lisan melalui berbagai media |
| CPMK 10 | Kemampuan merencanakan serta menyelesaikan tugas dalam batasan yang ada. |
| CPMK 11 | Kemampuan berbagi dan mengevaluasi kemajuan dalam diskusi kelompok |
| CPMK 12 | Kemampuan mengenali tanggung jawab etis dan profesional dalam situasi rekayasa |
| CPMK 13 | Kemampuan membuat penilaian rekayasa yang terinformasi dengan mempertimbangkan konteks global, ekonomi, lingkungan, dan sosial |
| CPMK 14 | Kemampuan mengumpulkan informasi tentang pengetahuan baru melalui media yang tersedia |
Metode Pembelajaran
- Ceramah Diskusi kelompok Pembelajaran berbasis Masalah/Studi Kasus
Modalitas Pembelajaran
- Luring Sinkron
