
Pengantar Prinsip Keberlanjutan
Kode Mata Kuliah
WI1103
Jumlah SKS
2
Semester
Jenis Mata Kuliah
Mata Kuliah Terkait
Bahan Kajian
Bahan Kajian | Kedalaman |
---|---|
Paradigma relasi kehidupan manusia – bumi, filosofi etika bumi, dampak perilaku manusia terhadap bumi | Express |
Konsep penghidupan di Belahan Bumi Selatan dan Kebersamaan (the Common ground) | Express |
Pengenalan Konsep SDG dan Dampak Perubahan Iklim | Expert |
Konsep Pemikiran Interrelasi antara dimensi Lingkungan, Ekonomi, sosial sebagai kesatuan (nexxus based) | Expert |
Re-interpretasi Konsep Keberlanjutan di setiap F/S | Express |
Praktek Intepretasi dan mengasah sensitifitas prinsip keberlanjutan menggunakan studi kasus lokal | Expert |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah
Kode CPMK | Unsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
---|---|
CPMK 1 | Mahasiswa mampu memahami mengenai konsep keberlanjutan dengan perspektif holistik dan/atau filosofis yang mengintegrasikan pertimbangan etika lingkungan/bumi, pendekatan interdisiplin dan refleksi pribadi; |
CPMK 2 | Mahasiswa mampu memahami ketidakpastian dan ambiguitas dalam mengenali isu sustainability (keberlanjutan), namun mengembangkan pemikiran antisipatif dalam menjalankannya; |
CPMK 3 | Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan antara konsep-konsep lingkungan terbangun/ infrastruktur/ teknologi dengan sistem alamiah/lingkungan terwujudkan sebagai keterkaitan atau nexus |
CPMK 4 | Mahasiswa mampu menjelaskan tantangan pembangunan di belahan bumi selatan dalam menerapkan konsep keberlanjutan, terutama melalui tujuan pembangunan berkelanjutan |
CPMK 5 | Mahasiswa dapat mengidentifikasi isu keberlanjutan dan menawarkan alternatif pandangan yang relevan dalam konteks lokal |
CPMK 6 | Mahasiswa mampu bekerja sama dalam tim, terutama antar disiplin untuk menjabarkan konteks dimana isu keberlanjutan dipahami |
CPMK 7 | Mahasiswa mampu untuk mengkomunikasikan hasil pemikirannya dalam bentuk media populer |
CPMK 8 | Mahasiswa mampu untuk menerapkan etika terkait keberlanjutan saat terlibat dalam pengambilan keputusan |
Metode Pembelajaran
- Ceramah, diskusi kelas, diskusi kelompok, simulasi sederhana
Modalitas Pembelajaran
- Bauran antara sinkron dan asinkron serta daring dan luring, pembelajaran berbasis problem, kerja bersama (team work)
Metode Penilaian
- kuis, UTS, Tugas besar kelompok