Background Pattern

Sistem dan Arsitektur Komputer

Kode Mata Kuliah

II2130

Jumlah SKS

3

Semester

3

Jenis Mata Kuliah

C

Mata Kuliah Terkait

NoKodeMata KuliahRelasi
1II2130Sistem dan Arsitektur KomputerEkuivalen

Bahan Kajian

Bahan KajianKedalaman
Evolusi komputerExplore
Arsitektur komputerExpert
Desain dan kinerja komputerExpress
Fungsi-fungsi dan interkoneksi komputerExpert
Representasi informasiExpert
Memori, Cache, dan PenyimpananExpert
Pemrograman level mesinExpert
Masukan dan keluaranExpress
Sistem operasiExpert
VirtualisasiExpress

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah

Kode CPMKUnsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK 1Menjelaskan abstraksi, komponen, fungsi, dan arsitektur komputer
CPMK 2Menjelaskan cara kerja sistem operasi mengelola komputer
CPMK 3Membuat program komputer di level mesin untuk keperluan tertentu
CPMK 4Mengidentifikasi kebutuhan pengguna dalam pemilihan sistem dan arsitektur komputer

Metode Pembelajaran

  • Ceramah, studi kasus, dan diskusi

Modalitas Pembelajaran

  • Visual sinkron

Metode Penilaian

  • UTS, UAS, dan Tugas