Background Pattern

Dasar Rekayasa Perangkat Lunak

Kode Mata Kuliah

IF2050

Jumlah SKS

3

Semester

4

Jenis Mata Kuliah

C

Mata Kuliah Terkait

NoKodeMata KuliahRelasi
1IF3152Rekayasa Perangkat Lunak STIEkuivalen
2II2240Analisis Kebutuhan SistemEkuivalen

Bahan Kajian

Bahan KajianKedalaman
SE-PRO-1. Process conceptsExpert
SE-SEF-2. Software ConstructionExpress
SE-SEF-7. Construction toolsExpress
SE-MAA-1. Modeling foundationsExpert
SE-REQ-1. Requirements fundamentalsExpert
SE-REQ-2. Eliciting requirementsExpert
SE-REQ-3. Requirements specification and documentationExpert
SE-REQ-4. Requirements validationExpress
SE-DES-1. Design conceptsExpert
SE-DES-2. Design strategiesExpert
SE-DES-3. Architectural designExpert
SE-DES-5. Detailed designExpress
SE-PRO-6. Type of Process – Waterfall, Iterative, Scrum, AgileExpert
SE-VAV-1. V&V terminology and foundationsExplore
SE-VAV-3. TestingExpress
CS-SP-3. Professional EthicsExplore

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah

Kode CPMKUnsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK 1CPMK1. Menjelaskan prinsip dasar dan komponen fundametal rekayasa perangkat lunak
CPMK 2CPMK2. Membuat analisis dan rancangan perangkat lunak dengan menggunakan sejumlah teknik dan alat bantu
CPMK 3CPMK3. Membangun perangkat lunak sesuai dengan hasil rancangan
CPMK 4CPMK4. Melakukan pengujian perangkat lunak

Metode Pembelajaran

  • Kuliah, Presentasi, Diskusi, Project-based study, Case study, Problem-based Learning, Studi literatur, Kerja kelompok, Project-based Learning (PBL), Tutorial

Modalitas Pembelajaran

  • Daring/Luring Sinkron/Asinkron Mandiri/Kelompok

Metode Penilaian

  • UTS, UAS, Kuis, Tugas