
Laporan Keuangan dan Pengendalian
Kode Mata Kuliah
MM5004
Jumlah SKS
3
Semester
Jenis Mata Kuliah
Mata Kuliah Terkait
| No | Kode | Mata Kuliah | Relasi |
|---|---|---|---|
| 1 | MM5004 | Laporan Keuangan dan Pengendalian | Ekuivalen |
| 2 | MM5004 | Laporan Keuangan dan Pengendalian | Ekuivalen |
Bahan Kajian
| Bahan Kajian | Kedalaman |
|---|---|
| Standar Akuntansi dan Pelaporan Keuangan | Expert |
| Kerangka Kerja Konseptual untuk Pelaporan Keuangan | Expert |
| Sistem Informasi Akuntansi | Expert |
| Laporan laba Rugi dan Informasi Terkait | Expert |
| Laporan Neraca dan Laporan Arus Kas | Expert |
| Penyajian dan Pengungkapan dalam Pelaporan Keuangan | Expert |
| Analisis Laporan Keuangan | Expert |
| Akuntansi Manajemen dan Konsep Biaya | Expert |
| Harga Pokok Pesanan | Expert |
| Harga Pokok Proses | Expert |
| Hubungan Biaya Volume dan Laba | Expert |
| Harga Pokok Variabel | Expert |
| Harga Pokok Berbasis Aktivitas (ABC System) | Expert |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah
| Kode CPMK | Unsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|---|---|
| CPMK 1 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis inti permasalahan dalam sebuah kasus bisnis |
| CPMK 2 | Mahasiswa mampu membangun berbagai perspektif yang mengintegrasikan bermacam faktor atau aspek yang berbeda, fungsi bisnis yang yang berhubungan dan informasi kontekstual terkait |
| CPMK 3 | Mahasiswa mampu menciptakan opsi-opsi solusi berdasarkan perspektif yang dibangun dan visi yang ingin dicapai |
| CPMK 4 | Mahasiswa mampu mengambil keputusan berdasarkan opsi-opsi yang dibuat. Mahasiswa mampu mengidentifikasi isu-isu global yang mempengaruhi bisnis |
| CPMK 5 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan etika dalam konteks bisnis |
| CPMK 6 | Mahasiswa mampu melakukan penilaian mengenai dampak dari permasalahan etika terhadap para pemangku kepentingan |
| CPMK 7 | Mahasiswa mampu secara sistematis menganalisis pro dan kontra dari setiap keputusan yang berkaitan dengan etika |
Metode Pembelajaran
- Diskusi kelompok; Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran berbasis masalah
Modalitas Pembelajaran
- Luring; Daring; Bauran; Sinkron dan asinkron; mandiri dan kelompok
Metode Penilaian
- Ujian tertulis;Tugas individu; Partisipasi kelas; Diskusi
