Background Pattern

Laporan Keuangan dan Pengendalian

Kode Mata Kuliah

MM5004

Jumlah SKS

3

Semester

Jenis Mata Kuliah

Mata Kuliah Terkait

NoKodeMata KuliahRelasi
1MM5004Laporan Keuangan dan PengendalianEkuivalen
2MM5004Laporan Keuangan dan PengendalianEkuivalen

Bahan Kajian

Bahan KajianKedalaman
Standar Akuntansi dan Pelaporan KeuanganExpert
Kerangka Kerja Konseptual untuk Pelaporan KeuanganExpert
Sistem Informasi AkuntansiExpert
Laporan laba Rugi dan Informasi TerkaitExpert
Laporan Neraca dan Laporan Arus KasExpert
Penyajian dan Pengungkapan dalam Pelaporan KeuanganExpert
Analisis Laporan KeuanganExpert
Akuntansi Manajemen dan Konsep BiayaExpert
Harga Pokok PesananExpert
Harga Pokok ProsesExpert
Hubungan Biaya Volume dan LabaExpert
Harga Pokok VariabelExpert
Harga Pokok Berbasis Aktivitas (ABC System)Expert

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah

Kode CPMKUnsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK 1Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis inti permasalahan dalam sebuah kasus bisnis
CPMK 2Mahasiswa mampu membangun berbagai perspektif yang mengintegrasikan bermacam faktor atau aspek yang berbeda, fungsi bisnis yang yang berhubungan dan informasi kontekstual terkait
CPMK 3Mahasiswa mampu menciptakan opsi-opsi solusi berdasarkan perspektif yang dibangun dan visi yang ingin dicapai
CPMK 4Mahasiswa mampu mengambil keputusan berdasarkan opsi-opsi yang dibuat. Mahasiswa mampu mengidentifikasi isu-isu global yang mempengaruhi bisnis
CPMK 5Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan etika dalam konteks bisnis
CPMK 6Mahasiswa mampu melakukan penilaian mengenai dampak dari permasalahan etika terhadap para pemangku kepentingan
CPMK 7Mahasiswa mampu secara sistematis menganalisis pro dan kontra dari setiap keputusan yang berkaitan dengan etika

Metode Pembelajaran

  • Diskusi kelompok; Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran berbasis masalah

Modalitas Pembelajaran

  • Luring; Daring; Bauran; Sinkron dan asinkron; mandiri dan kelompok

Metode Penilaian

  • Ujian tertulis;Tugas individu; Partisipasi kelas; Diskusi