Background Pattern

Filsafat Ilmu Pengetahuan

Kode Mata Kuliah

EI7080

Jumlah SKS

2

Semester

Jenis Mata Kuliah

Mata Kuliah Terkait

NoKodeMata KuliahRelasi
1EI7090Filsafat Ilmu PengetahuanEkuivalen

Bahan Kajian

Bahan KajianKedalaman
Struktur, batas, dan wewenang ilmu pengetahuan, agama, teknologi, seni maupun ilmu sosial dan kemasyarakatan. Interaksi antar domain yang mempengaruhi penelitian ilmiah, termasuk kriteria demarkasi, serta pengenalan kecerdasan buatan dan dampaknya pada praktek ilmiah.Expert
Filsafat ilmu, sejarah dan proses pengembangan ilmu pengetahuan.Expert
Kesamaan dan perbedaan dalam filsafat pengembangan keilmuan antara hard science, ilmu sosial, seni, dan teknologi, serta pertanyaan dan debat filosofis yang relevan dengan setiap disiplin ilmiah.Expert
Metoda pengembangan ilmu pengetahuan berbasis eksperimen, teori, ataupun simulasi/berbasis teknologi (termasuk kecerdasan buatan).Expert
Etika dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.Expert
Rambu-rambu dan batasan dalam pengembangan kelimuan dalam kaitannya dengan agama dan nilai-nilai kemasyarakatan.Expert
Filsafat sains dan artificial intelligence, perkembangan teknologi AI dalam memengaruhi praktik dan metodologi ilmiah tradisional, serta implikasi filosofis dan etisnya.Expert

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah

Kode CPMKUnsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK 1Mampu memahami proses pengembangan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi secara benar dengan menjunjung tinggi etika.
CPMK 2Mampu memecahkan permasalahan sains dan teknologi melalui riset dengan pendekatan multidisiplin dan integratif, dengan tetap menguasai keahlian dalam disiplin ilmu tertentu.
CPMK 3Memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan teknologi yang muncul dan paradigma ilmiah terbaru, termasuk kecerdasan buatan (AI), serta secara kritis mengevaluasi implikasinya terhadap praktik dan pemahaman ilmu pengetahuan.
CPMK 4Mampu mengembangkan pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidangnya dengan menghasilkan karya kreatif, orisinal, dan teruji.

Metode Pembelajaran

  • Kuliah, diskusi, kerja kelompok, kerja mandiri

Modalitas Pembelajaran

  • Pembelajaran aktif, topik-topik khusus

Metode Penilaian

  • Ujian tertulis, karya tulis, presentasi