
Sistem Kendali
Kode Mata Kuliah
EL3015
Jumlah SKS
3
Semester
Jenis Mata Kuliah
Mata Kuliah Terkait
| No | Kode | Mata Kuliah | Relasi |
|---|---|---|---|
| 1 | EL2007 | Sinyal dan Sistem | Prasyarat Sudah Ambil |
| 2 | EL3015 | Sistem Kendali | Ekuivalen |
| 3 | EL3015 | Sistem Kendali | Ekuivalen |
Bahan Kajian
| Bahan Kajian | Kedalaman |
|---|---|
| Elemen dasar sistem kendali, konsep umpan balik, sistem open dan closed loop | Explore |
| Model matematis sistem fisik SISO: model linear, persamaan differensial, state space, fungsi transfer | Explore |
| Model matematis sistem fisik SISO menggunakan diagram blok | Explore |
| Analisis domaian waktu dan kestabilan sistem kendali | Explore |
| Kestabilan dan error steady state | Explore |
| Desain kontroler PID untuk sistem SISO | Explore |
| Desain dan analisis sistem kendali dengan umpan balik menggunakan root locus | Explore |
| Analisis, desain, dan implementasi sistem kendali dengan umoan balik menggunakan metode domain frekuensi: Bode plot, kriteria Nyquist | Explore |
| Pengenalan sistem data tersampling, ekuivalen diskrit, dan pemilihan sample rate | Explore |
| Kestabilan sistem kendali digital dan respon transien | Explore |
| Desain dan implementasi contril PID digital | Explore |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah
| Kode CPMK | Unsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|---|---|
| CPMK 1 | Mahasiswa dapat menerapkan konsep pemodelan sistem kendali dalam domain waktu, dan domain frekuensi.. |
| CPMK 2 | Mahasiswa dapat melakukan analisis performansi sistem kendali, yang mencakup: error steady state, respon transien, sensitifitas, dan kestabilan. |
| CPMK 3 | Mahasiswa dapat melakukan analisis sistem kendali dengan metode Root Locus, Bode Plot dan diagram Nyquist. |
| CPMK 4 | Mahasiswa dapat merancang kompensator/pengendali analog dengan metode dalam domain waktu, dan metode respons frekuensi |
| CPMK 5 | Menerapkan sistem kendali dan menguji kinerjanya |
| CPMK 6 | Mahasiswa dapat menganalisis sistem kendali digital serta merancang pengendali PID digital |
Metode Pembelajaran
- Ceramah, Diskusi, Studi Kasus, Praktikum, Belajar Mandiri
Modalitas Pembelajaran
- Luring, Daring, Bauran
Metode Penilaian
- PR, Kuis, Ujian, Proyek
