
Konsep Biologi Terintegrasi
Kode Mata Kuliah
BI5100
Jumlah SKS
3
Semester
Jenis Mata Kuliah
Mata Kuliah Terkait
No | Kode | Mata Kuliah | Relasi |
---|---|---|---|
1 | BI611X | Mata Kuliah Konsep Biologi Terintegrasi | Ekuivalen |
Bahan Kajian
Bahan Kajian | Kedalaman |
---|---|
Ilmu Biologi | Expert |
Proses evolusi mendorong keanekaragaman dan kesatuan kehidupan. | Expert |
Sistem biologis memanfaatkan energi bebas dan blok bangunan molekuler untuk tumbuh, berkembang biak, dan mempertahankan homeostasis yang dinamis: Mempertahankan dinamika dan keseimbangan | Expert |
Sistem kehidupan menyimpan, mengambil, mengirimkan, dan merespons informasi yang penting bagi proses kehidupan: sinyal dan respons. → pola dan produk perubahan | Expert |
Sistem biologis berinteraksi, dan sistem-sistem ini serta interaksinya memiliki sifat-sifat yang kompleks: interaksi dan saling ketergantungan | Expert |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah
Kode CPMK | Unsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
---|---|
CPMK 1 | Pemahaman Konsep Teoritis: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan teori biologi terkait fokus studinya dengan detail dan akurat. |
CPMK 2 | Integrasi Pengetahuan: Mahasiswa mampu mengintegrasikan pengetahuan dari disiplin biologi dengan disiplin lain seperti teknologi, sosial, dan ekonomi untuk menciptakan solusi yang inovatif. |
CPMK 3 | Kepekaan terhadap Isu Keanekaragaman Hayati: mampu menunjukkan pentingnya keanekaragaman hayati dalam keberlanjutan kehidupan dan berusaha komitmen terhadap konservasi dan restorasinya. |
CPMK 4 | Responsif terhadap Tren Baru: mampu untuk cepat menanggapi dan mengintegrasikan tren baru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya. |
Metode Pembelajaran
- By Research: Proses belajar dalam kelas; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompok By Thesis: Bersifat terstruktur dan terfasilitasi (Web Enhanced). Pembelajaran berbasis teknologi jejaring, digunakan untuk memperkuat fasilitasi pembelajaran tatap muka. Contoh: penggunaan webpage untuk meletakkan RPS, materi, dan tugas. By Case Study: Bersifat mandiri, terstruktur, dan bauran (Blend). Kombinasi pembelajaran daring dan tatap muka
Modalitas Pembelajaran
- Menggabungkan berbagai moda penyerapan: 1. Visual melalui penyediaan slide dengan visualisasi, gambar, diagram, dsb. 2. Auditorial melalui penyampaian materi, tanya jawab, dan diskusi 3. Kinestetik melalui partisipasi aktif di dalam kelas berupa presentasi dan diskusi Moda pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron
Metode Penilaian
- Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai: 1. Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok 2. Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik) 3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas