Background Pattern

Konsep Biologi Terintegrasi

Kode Mata Kuliah

BI5100

Jumlah SKS

3

Semester

Jenis Mata Kuliah

Mata Kuliah Terkait

NoKodeMata KuliahRelasi
1BI611XMata Kuliah Konsep Biologi TerintegrasiEkuivalen

Bahan Kajian

Bahan KajianKedalaman
Ilmu BiologiExpert
Proses evolusi mendorong keanekaragaman dan kesatuan kehidupan.Expert
Sistem biologis memanfaatkan energi bebas dan blok bangunan molekuler untuk tumbuh, berkembang biak, dan mempertahankan homeostasis yang dinamis: Mempertahankan dinamika dan keseimbanganExpert
Sistem kehidupan menyimpan, mengambil, mengirimkan, dan merespons informasi yang penting bagi proses kehidupan: sinyal dan respons. → pola dan produk perubahanExpert
Sistem biologis berinteraksi, dan sistem-sistem ini serta interaksinya memiliki sifat-sifat yang kompleks: interaksi dan saling ketergantunganExpert

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah

Kode CPMKUnsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK 1Pemahaman Konsep Teoritis: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan teori biologi terkait fokus studinya dengan detail dan akurat.
CPMK 2Integrasi Pengetahuan: Mahasiswa mampu mengintegrasikan pengetahuan dari disiplin biologi dengan disiplin lain seperti teknologi, sosial, dan ekonomi untuk menciptakan solusi yang inovatif.
CPMK 3Kepekaan terhadap Isu Keanekaragaman Hayati: mampu menunjukkan pentingnya keanekaragaman hayati dalam keberlanjutan kehidupan dan berusaha komitmen terhadap konservasi dan restorasinya.
CPMK 4Responsif terhadap Tren Baru: mampu untuk cepat menanggapi dan mengintegrasikan tren baru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya.

Metode Pembelajaran

  • By Research: Proses belajar dalam kelas; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompok By Thesis: Bersifat terstruktur dan terfasilitasi (Web Enhanced). Pembelajaran berbasis teknologi jejaring, digunakan untuk memperkuat fasilitasi pembelajaran tatap muka. Contoh: penggunaan webpage untuk meletakkan RPS, materi, dan tugas. By Case Study: Bersifat mandiri, terstruktur, dan bauran (Blend). Kombinasi pembelajaran daring dan tatap muka

Modalitas Pembelajaran

  • Menggabungkan berbagai moda penyerapan: 1. Visual melalui penyediaan slide dengan visualisasi, gambar, diagram, dsb. 2. Auditorial melalui penyampaian materi, tanya jawab, dan diskusi 3. Kinestetik melalui partisipasi aktif di dalam kelas berupa presentasi dan diskusi Moda pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron

Metode Penilaian

  • Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai: 1. Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok 2. Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik) 3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas