Background Pattern

Geotektonik

Kode Mata Kuliah

GL5011

Jumlah SKS

3

Semester

1

Jenis Mata Kuliah

C

Mata Kuliah Terkait

NoKodeMata KuliahRelasi
1GL5211GeotektonikEkuivalen

Bahan Kajian

Bahan KajianKedalaman
Struktur Bumi dan LithosferExpress
Konsep dasar Tektonik Lempeng: - Tektonik Konvergen dan Kolisi - Tektonik Divergen dan RiftingExpress
Strike-Slip dan TransformExpert
Tektonik Lempeng dan Perkembangan Cekungan : - Cekungan Muka Busur (Fore-Arc Basin) - Cekungan Belakang Busur (Back-Arc Basin)
Review Geologi Struktur dan Tektonik, Style Struktur: - Style struktur pada Sistem Extensional - Style struktur pada Sistem Kontraksional - Style struktur pada Sistem Strike Slip

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah

Kode CPMKUnsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK 1Mampu menjelaskan prinsip dasar geotektonik dan tektonik.
CPMK 2Memahami pergerakan litosfer dan jenis-jenis deformasi tektonik: ekstensional, kompresional, dan strike-slip. serta pembentukan struktur utama di kerak bumi termasuk perkembangan cekungan, rangkaian pegunungan. Karakter struktur dan “style” dari masing-masing rezim tektonik

Metode Pembelajaran

  • KBL (Knowledge Based Learning): Mahasiswa diberi bahan kajian yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuannya, melalui kegiatan seperti ceramah, menonton video. Tepat untuk kuliah yang CPMK-nya mementingkan kognitif. PBL (Problem Based Learning): Mahasiswa dihadapkan pada suatu masalah, dan mencari solusinya dengan mengaplikasikan BK. Tepat untuk kuliah yang CPL-nya mengandung pemecahan masalah (problem solving).

Modalitas Pembelajaran

  • Luring: Pengajar dan mahasiswa bertemu langsung di suatu Lokasi, misalnya kelas, laboratorium, maupun lapangan. Daring: Pengajar dan mahasiswa bertemu di dunia maya melalui berbagai media seperti video conference, chat. Sinkron: Pengajar dan Mahasiswa bertemu pada saat yang sama dan dapat saling berinteraksi secara langsung. Asinkron: Pengajar memberikan pengajarannya dalam bentuk tulisan/gambar, audio, maupun video agar dapat diikuti mahasiswa kapan saja, dan interaksi dilakukan melalui tanya jawab tak langsung.

Metode Penilaian

  • Uraian: Soal memberi pertanyaan dengan jawaban terbuka, dijawab dengan mengisi. Essay: Mahasiswa membuat tulisan panjang (karangan) berisi opini maupun prosedur yang panjang.