
Geotektonik
Kode Mata Kuliah
GL5011
Jumlah SKS
3
Semester
1
Jenis Mata Kuliah
C
Mata Kuliah Terkait
No | Kode | Mata Kuliah | Relasi |
---|---|---|---|
1 | GL5211 | Geotektonik | Ekuivalen |
Bahan Kajian
Bahan Kajian | Kedalaman |
---|---|
Struktur Bumi dan Lithosfer | Express |
Konsep dasar Tektonik Lempeng: - Tektonik Konvergen dan Kolisi - Tektonik Divergen dan Rifting | Express |
Strike-Slip dan Transform | Expert |
Tektonik Lempeng dan Perkembangan Cekungan : - Cekungan Muka Busur (Fore-Arc Basin) - Cekungan Belakang Busur (Back-Arc Basin) | |
Review Geologi Struktur dan Tektonik, Style Struktur: - Style struktur pada Sistem Extensional - Style struktur pada Sistem Kontraksional - Style struktur pada Sistem Strike Slip |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah
Kode CPMK | Unsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
---|---|
CPMK 1 | Mampu menjelaskan prinsip dasar geotektonik dan tektonik. |
CPMK 2 | Memahami pergerakan litosfer dan jenis-jenis deformasi tektonik: ekstensional, kompresional, dan strike-slip. serta pembentukan struktur utama di kerak bumi termasuk perkembangan cekungan, rangkaian pegunungan. Karakter struktur dan “style” dari masing-masing rezim tektonik |
Metode Pembelajaran
- KBL (Knowledge Based Learning): Mahasiswa diberi bahan kajian yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuannya, melalui kegiatan seperti ceramah, menonton video. Tepat untuk kuliah yang CPMK-nya mementingkan kognitif. PBL (Problem Based Learning): Mahasiswa dihadapkan pada suatu masalah, dan mencari solusinya dengan mengaplikasikan BK. Tepat untuk kuliah yang CPL-nya mengandung pemecahan masalah (problem solving).
Modalitas Pembelajaran
- Luring: Pengajar dan mahasiswa bertemu langsung di suatu Lokasi, misalnya kelas, laboratorium, maupun lapangan. Daring: Pengajar dan mahasiswa bertemu di dunia maya melalui berbagai media seperti video conference, chat. Sinkron: Pengajar dan Mahasiswa bertemu pada saat yang sama dan dapat saling berinteraksi secara langsung. Asinkron: Pengajar memberikan pengajarannya dalam bentuk tulisan/gambar, audio, maupun video agar dapat diikuti mahasiswa kapan saja, dan interaksi dilakukan melalui tanya jawab tak langsung.
Metode Penilaian
- Uraian: Soal memberi pertanyaan dengan jawaban terbuka, dijawab dengan mengisi. Essay: Mahasiswa membuat tulisan panjang (karangan) berisi opini maupun prosedur yang panjang.